Fakta Menarik Drama Kingdom Yang Dirilis Netflix

Fakta Menarik Drama Kingdom Yang Dirilis Netflix

Daftarfilmkorea.web.id – Siapa yang tak kenal dengan Netflix? Salah satu penyedia layanan streaming online berbagai film dan serial tv berkualitas ini memang sudah terkenal seantero jagat. Bahkan, orang-orang yang tak berlangganan Netfllix pun tahu tentangnya. Nah, di tahun 2019 ini, Netflix memberikan kita “kejutan” nih dengan tiga serialnya yang berasal dari Korea Selatan. Bukan hanya sekadar ikut menayangkan, seperti halnya Memories of the Alhambra-nya tvN, namun kedua serial tersebut memang dibuat khusus untuk pelanggan Netflix. Salah satu di antaranya berjudul Kingdom. Dijadwalkan tayang perdana pada 25 Januari lalu, berikut ini akan kami bahas mengenai beberapa fakta menarik drama Korean Kingdom yang harus kamu tahu!

1. Menjadi drama pertama Joo Ji Hoon setelah vakum dari dunia drakor selama 4 tahun
Sempat vakum dari dunia drakor selama 4 tahun setelah drama Mask (2015), aktor yang membintangi film seri Along With The Gods ini akhirnya comeback di tahun ini. Tak hanya satu judul, melainkan dua! Selain Kingdom, tahun ini Joo Ji Hoon juga membintangi drama Item yang tayang di MBC.

Namun, Kingdom menjadi drama comeback pertamanya. Sebab serial ini akan tayang perdana pada 25 Januari, sementara episode pertama Item akan tayang pada 11 Februari mendatang.

2. Merupakan drama Korea original pertama Netflix
Pada tahun ini, Netflix memproduksi dan segera menayangkan tiga drama Korea originalnya. Selain Kingdom, ada juga Love Alarm yang dibintangi oleh Kim So Hyun dan My First First Love yang dibintangi Ji Soo.

Sebetulnya, kabar tentang Love Alarm lebih dulu ada dibandingkan Kingdom. Namun, Kingdom selesai diproduksi dan akan tayang terlebih dulu dibandingkan Love Alarm. Menjadikan predikat “drama Korea original pertama Netflix” sebagai milik Kingdom.

3. Akan ada lebih dari 1 season
Dilansir dari variety.com, Kingdom rencananya akan dibuat lebih dari 1 season. Hal ini juga terlihat di laman netflix.com yang memberi label season 1 untuk trailer Kingdom yang telah dirilis.

Season pertamanya sendiri akan berisi 6 episode dan tayang perdana pada 25 Januari nanti. Sementara itu, sampai artikel ini ditulis, masih belum ada kabar lebih lanjut tentang jadwal penayangan season kedua Kingdom.

4. Membutuhkan waktu hingga 8 tahun dan budget yang fantastis
Dilansir dari inquirer.net, sang penulis naskah, Kim Eun Hee mengatakan bahwa ide cerita tentang epidemi zombie yang menyerang Dinasti Joseon sudah ada sejak tahun 2011 lalu.

Namun ide tersebut gagal terealisasi karena dalam drama ini banyak adegan kekerasan eksplisit yang mustahil ditayangkan di stasiun televisi. Karena itu, Kingdom baru terealisasi setelah Netflix menghubunginya untuk menulis naskah bagi mereka.

Sementara itu, dana yang dibutuhkan untuk memproduksi Kingdom juga sangat besar. Dilansir dari laman yang sama, setidaknya biaya produksi menghabiskan sekitar 1,7 juta dolar AS per episodenya. Wah, bisa dibayangkan kalau sinematografi dan CGI drama ini bakalan keren abis!

5. Naskahnya ditulis oleh Kim Eun Hee (Signal) dan disutradarai oleh Kim Seong Hun (Tunnel)
Salah satu alasan mengapa Kingdom menjadi drama Korea yang banyak dibicarakan adalah kolaborasi antara sutradara dan penulisnya yang tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Sang sutradara, Kim Seong Hun, merupakan sutradara dari film Tunnel (2016). Sementara Kim Eun Hee adalah penulis naskah drama Signal (2016).

6. Merupakan drama Korea pertama sutradara Kim Seong Hun sekaligus kdrama sageuk pertama Kim Eun Hee
Sejauh ini, Kim Eun Hee sudah menulis setidaknya 6 naskah drama, termasuk Kingdom. Namun, baru Kingdom yang bergenre historis alias sageuk. “Pengalaman pertama” ini juga dirasakan oleh sang Sutradara Kim Seong Hun. Pasalnya meski sudah menyutradarai 3 judul film layar lebar, namun Kim Seong Hun belum pernah menggarap drama Korea sebelumnya.

Maka dari itu, Kingdom pun menjadi drama Korea pertama yang disutradarai oleh Kim Seong Hun sekaligus menjadi kdrama sageuk pertama Kim Eun Hee.

Baca Juga : Beberapa Fakta Menarik Drama Korea Abyss

7. Premis cerita yang unik; menggabungkan budaya Barat dan Timur
Premis cerita Kingdom adalah epidemi yang menyerang Dinasti Joseon di mana orang-orang yang sudah mati menjadi hidup kembali dan menyerang manusia. Putra Mahkota Lee Chang (Joo Ji Hoon) kemudian ditugaskan untuk mencari tahu tentang epidemi tersebut dan mencari obatnya. Jika dia gagal, maka dirinya akan dihukum sebagai pengkhianat.

Dari premis tersebut jelas sekali bahwa cerita ini menggabungkan dua unsur dari dua budaya berbeda. Di satu sisi, cerita zombie berasal dari Barat. Dan meski sudah cukup banyak film Asia yang mengambil tema serupa, namun memasukkan cerita zombie ke drama historis atau sageuk merupakan sesuatu yang unik dan ide yang out of the box.

8. Cerita Kingdom diadaptasi dari webcomic
Dilansir dari asianwiki.com, drama Kingdom merupakan adaptasi dari webcomic berjudul Burning Hell Shinui Nara yang diterbitkan sejak 23 Juli 2015. Versi komiknya sendiri merupakan hasil kolaborasi dari Kim Eun Hee sebagai penulis dan Yang Kyung Il sebagai ilustrator. Uniknya adalah Kim Eun Hee juga merupakan penulis naskah dari versi dramanya.

9. Peran utama sempat ditawarkan pada aktor Song Joong Ki
Sebelum Joo Ji Hoon didapuk sebagai pemeran tokoh Sang Putra Mahkota Lee Chang, sebetulnya aktor ganteng Song Joong Ki sudah terlebih dahulu ditawari peran ini. Namun dilansir dari Soompi.com, Song Joong Ki menolak tawaran tersebut karena ingin fokus pada persiapan pernikahannya dengan Song Hye Kyo pada 2017 silam.

10. Dibintangi oleh sederet aktor dan aktris ternama Korea Selatan
Selain aktor Joo Ji Hoon, drama Kingdom ini juga dibintangi oleh sederet nama-nama besar lainnya. Seperti Bae Doona, Ryu Seung Ryong, Kim Sang Ho, Heo Joon Ho, Jeon Seok Ho, dan Chu Hyun Yub. Wah, bisa dipastikan drama ini bakalan keren abis melihat kualitas para pemainnya nih!

Related posts